Sensasi Penginapan yang Seru? Ke Sensa Hotel Bandung Aja

9:00:00 AM 15
Bandung memiliki icon belanja yang sangat terkenal, yaitu Cihampelas. Daerah kawasan belanja yang setiap turis tertarik untuk mengunjunginya. Selain tempatnya berada di pusat kota Bandung yang strategis, kawasan ini pula yang menjadikan kota Bandung selalu ramai oleh pengunjung.

Terdapat penginapan hotel di daerah ini, yaitu Sensa Hotel Bandung. Hotel ini berada di Jl. Cihampelas, Bandung. Kamu dapat melakukan pemesanan di situs terpercaya seperti Traveloka.com. Hotel bintang empat ini ada di kawasan Cihampelas sehingga sangat strategis. Kesan modern juga nampak pas melekat pada hotel di tengah kota ini. Desain bangunannya menarik, berkonsep modern minimalis. Lokasinya dekat dengan Cihampelas dan Kebun Binatang Bandung.

Sumber: dheekan.deviantart.com

Menginap di hotel ini, artinya kamu harus bersiap untuk menjelajahi kota Bandung dengan aneka tempat wisata menarik dan kuliner yang enak-enak tentunya. Diantaranya sebagai berikut:

Cihampelas Walk

Ini dia rajanya Mall di kota Bandung. Konsep yang dibangun dengan nyaman dan udara sejuk nan alami menyuguhkan kombinasi indoor dan outdoor Mall. Hal tersebut menjadikan Cihampelas Walk terlihat berbeda dengan mall-mall lainnya. 

Sumber: anekatempatwisata.com

Tempat ini cocok untuk segala kalangan, dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Berbagai macam outlet pun terjaja rapih di sini. Menikmati Mall kelas atas ini berarti kamu akan menikmati kesejukan hawa pegunungan yang khas. Nikmati sensasi shopping dengan nuansa berbeda ini.

Selain tempatnya yang nyaman, Ciwalk dibangun dengan outlet-outlet sekitarnya yang dibangun berdasarkan patung karikatur superhero seperti Spiderman, Superman, dan lain-lain.

Mall yang luasnya 3hektar lebih ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00. Waktu ketika kamu mengunjunginya memiliki nuansa yang berbeda baik itu pagi, sore atau malam. Ya, kamu akan merasakan nuansa berbeda karena pengaturan lampu yang sudah diatur sedemikian rupa.

Jaraknya hanya 0.29km dari Sensa Hotel Bandung. Jarak yang dekat ini membuat kamu nyaman berbelanja dan leluasa untuk menghabiskan waktu shopping di Mall berkelas ini.

Taman Film Pasopati

Merupakan tempat yang dikonsep dengan sangat unik yang dikhususkan untuk memutar berbagai macam film. Terutama yang sering diputar disini adalah film kartun. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir ketika hendak mengajak keluarga kamu ke tempat ini.


Sumber: bandungvariety.wordpress.com

Tempatnya yang rapih dikelola dengan sangat apik, tempat ini menjadi favorit liburan untuk keluarga. Disamping gratis, tempatnya pun mendukung, dengan fasilitas layar besar dibawah lalu lintas jembatan layang. Ide ini, menurut sebagian masyarakat kota Bandung itu keren.

Bioskop gratis di ruang terbuka ini dibangun baru-baru ini. Kamu yang menginap di Sensa Hotel Bandung, wajib banget mencoba sensasi berbeda, menonton di Taman Film Pasopati. Hanya berjarak 0.5km dari Sensa Hotel Bandung, kamu dapat berjalan kaki saja untuk menuju Taman Film Pasopati.

Paris Van Java

Pernah mengenal istilah Paris Van Java? Ya, itu dia, sebutan atau nama lain dari kota Bandung. Eropa-nya Jawa Barat. Siapapun yang ke Bandung, wajib banget mengunjungi tempat ini. Apalagi jika kamu penyuka kuliner. Di tempat ini berbagai macam resto dan cafe berjejer, menjajakan hidangan yang lezat dan pastinya bikin kamu ketagihan.

Tempatnya juga cukup luas. Kamu dapat berjalan-jalan mengunjunginya, karena di Mall ini sering diadakan pameran atau event-event menarik. Tempat ini pun dikenal dengan one stop shopping. Kamu pasti betah berlama-lama di tempat ini. Itu mengapa, masyarakat Bandung menjadikan  tempat ini salah satu tempat nongkrong yang asyik dan seru.

Jaraknya hanya 1.2km dari Sensa Hotel Bandung. Berlokasi di Jl. Sukajadi No.137-139, Bandung.

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan lambang dari kebudayaan kota Bandung. Seni Angklung yang dipertunjukan sangat menarik sekali, sehingga menjadi daya pikat tersendiri. Saung Angklung Udjo kerap kali disebut sebagai one stop cultural workshop.

Selain menonton pertunjukan Angklung yang dimainkan dengan instrument pentatonik dan diatonik. Instrumen ini telah dimulai sejak tahun 1961 yang dipelopori oleh Udjo Ngalagena. Ada dua macam pertunjukan disini yaitu Internal dan Eksternal. Kamu dapat menikmati aktivitas lainnya seperti:
  • Souvenir yang akan melengkapi kunjungan kamu. Souvenir berupa Angklung ini dapat menjadi cinderamata atau oleh-oleh untuk orang tersayang.
  • Kulineran. Disini kamu akan disuguhkan dengan nuansa Sunda dengan hidangan khas Sunda pula. Jadi, jangan khawatir kelaparan ketika mengunjungi Saung Udjo.
  • Edukasi. Disini kamu dapat belajar budaya khas Sunda, khususnya Angklung.
  • Taman Belakang yang menyenangkan dengan udara sejuk. Pas untuk kamu yang mau menikmati suasana kota Bandung.
Jika ke tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen penting kamu dengan pemain musik Angklung atau pelopornya sendiri yaitu Udjo Ngalagena. Dan bersiaplah untuk menyaksikan pertunjukan Angklung yang memukau.

Jaraknya hanya 5.5km dari Sesa Hotel Bandung. Lokasinya tepat di Jl. Padasuka 118, Bandung.

Bagaimana? Yuk, langsung ajak teman, sahabat, dan keluarga kamu untuk menjelajahi kota Bandung yang punya tempat menarik, yang pastinya juga akan memberikan kesan tersendiri untuk kamu. Apalagi, dengan menginap di Sensa Hotel Bandung. Pasti jadi makin seru dan menyenangkan.

Perihal Sendiri

9:32:00 PM 27

Setiap orang yang hidup pasti pernah merasakan enaknya makanan, sulitnya mencari uang, dan sakitnya rindu kepada pacar orang.

Kata banyak orang, cinta itu enggak bisa di paksakan. Suka sama siapa, jatuh cinta sama siapa, jadian sama siapa, itu semua enggak bisa di paksa. Ya mungkin, itu dateng dengan sendirinya, seiring dengan berjalannya waktu.

Pernah ada temen yang bilang begini, "Sampe kapan, itu pundak berdebu?". Gue langsung mikir, emangnya kalo kita punya pacar, nanti pundak kita enggak berdebu gitu? Dia manusia apa penyedot debu, bisa ngilangin debu dari pundak.

Kata orang juga, punya pasangan itu menyenangkan. Bisa saling cerita, kemana-mana berdua, pokoknya serba berdua, dan itu bikin bahagia. Gue enggak percaya sama kata-kata itu, kenapa? Soalnya gue sendiri, dan gue pun bahagia.

Gue sampai sekarang sendiri itu juga bukan sebuah alasan, apalagi sebuah keinginan. Entah, gue seneng ngeliat temen-temen gue gitu pada jalan sama pacarnya. Pulang sekolah bisa bareng. Dan foto bareng, terus di upload di setiap sosial media yang mereka punya.

Gue enggak iri apalagi pengin kayak mereka-mereka gitu. Gue merasa, gue udah nyaman banget kayak sekarang. Sekolah gue baik-baik aja, hubungan sama temen-temen lama ataupun yang baru baik-baik aja.

Karena menurut gue itu, sekarang gue belum butuh ataupun perlu hal-hal yang begitu. Bukan karena sering di sakitin, atau enggak ada yang ngedeketin. Cuma, kalo buat sekarang-sekarang gini, deket sama cewek yang satu sekolah itu banyak rintangannya.

Mulai dari dia deket enggak cuma satu orang, dia deket sama temen kita sendiri, dan dia emang bener-bener enggak mau sama kita. Jujur, gue dalam dunia beginian, enggak pernah di tolak sama yang namanya cewek. Iya, soalnya nembak cewek aja belum pernah.

Jadi intinya, bahagia itu enggak selamanya harus tentang kita, alias berdua. Suka sama seseorang itu enggak gampang, jatuh cintanya pun enggak mudah. Semuanya itu butuh proses. Dan yang paling penting, hati ini perlu banyak niat untuk sekolah.

Karena tinggal kurang lebih 1 tahun lagi gue lulus dari SMK. Entah mau lanjut kuliah apa langsung kerja. Tapi kayaknya sih, kuliah dulu. Biar bisa cari kerja yang gue pengin. Dan selanjutnya baru bahagia bareng sama kamu.

Belajar Jadi Orang Jaman Dulu

8:39:00 PM 37

Pas banget baru kemarin, sekolah gue ngerayain hari Kartini. Kenapa bukan tanggal 21? Malah tanggal 22? Karena biar acara nya sekaligus ngerayain HUT sekolah gue juga. Yang kebetulan beda 1 hari sama hari Kartini.

Di hari itu ada upacaranya. Yaiyalah. Udah pasti kalo itu mah. Nah yang jadi petugasnya itu cewek. Ya namanya juga kartini, sekali-kali petugasnya itu cewek semua. Dan lebih leganya lagi, OSIS cewek juga lumayan banyak, jadi gak ada kesusahan dalam menentukan petugas-petugasnya.

Oh iya, kebetulan gue OSIS di sekolah sekarang. Dan udah 1 minggu ini, kita pulang sore karena latihan upacara buat ngerayain hari Kartini sekaligus ulang tahun sekolah. Dengan bimbingan pembina siswa dalam latihan, semua berjalan lancar.

Di hari itu, semua anggota OSIS menggunakan adat betawi. Dan siswa lain, adat daerah masing-masing. Walaupun ada sih, murid yang pake baju bukan dari daerahnya. Tapi di hari itu banyak banget, muka-muka yang gue gak kenal. Mungkin karena bedak yang mereka pake ketebalannya lebih dari 3cm kali ya. Hmm..

Setelah upacara selesai dan persiapan ke acara selanjutnya, kita sempet foto-foto bareng. Ya walaupun gak semua, cuma lumayan lah. Ini ada salah satu fotonya. Btw, abaikan muka gue itu ya. Takutnya lu langsung masuk IGD gitu, wkwk.


Acara selanjutnya pun dimulai, yaitu acara karaoke dari tiap kelas. Jadi tiap kelas ngirim perwakilannya buat nyanyi di depan, terus diliat sama didenger siswa-siswa lain. Dan gue adalah, salah satu dari perwakilan itu.

Ini pertama kalinya gue nyanyi didepan orang, yang biasanya cuma nyanyi di kamar mandi. Dan pertama kalinya juga, suara absurd gue terdengar oleh orang-orang yang tak bersalah. Huft. Gue nyanyi di depan gak sendiri. Jadi duet gitu sama temen sekelas.

 

Acara di hari itu menyenangkan banget. Walaupun waktunya cepat berlalu karena kebetulan itu hari Jumat. Jadi sebelum sholat Jumat siswa-siswa udah harus pulang kerumah.  Dan yang biasanya acara disekolah gue itu tiap kelas bawa tumpeng. Kali ini bawanya itu, makanan hasil perkebunan gitu. Jadi lebih kerasa lah kesederhanaannya. Apalagi, ditambah baju-baju adat. Jadi ngerasa kayak orang dulu gitu.

Kondangan

10:45:00 PM 43

Entah kenapa bulan Maret kali ini banyak banget yang ngundang buat ke resepsi pernikahan. Ya walaupun itu bukan buat gue, tapi buat orang tua gue.

Tapi karena gue anak yang berbakti, jadi gue ikut, itung-itung makan gratis. Dan gue udah ngayal di rumah kalo gue bakal ngambil sebanyak-banyaknya makanan yang ada disana. Eh, gak banyak juga deh, dikit-dikit.

Udah 3 kali gue ke kondangan di bulan ini. Dan ternyata tidak ada satu pun yang sesuai sama harapan gue sebelum berangkat.

Iya, kenapa gue bilang gitu? Soalnya, yang gue pikir gue bakal makan banyak dan itu kesukaan gue, ternyata gue cuma makan dikit.

Kondangan pertama, itu dateng siang, pas baru barunya acara resepsi dimulai. Karena emang di kondangan pertama ini mulai nya abis dzuhur gitu. Dan biar masih bisa salaman sama pengantin nya juga. *Padahal mah karena makanannya masih banyak*

Disitu gue pikir bisa ngambil ayam dengan sebanyak-banyaknya. Pas abis salaman dan langsung ke tempat makan. Ternyata isinya daging sapi semua. Sama udang-udang gitu. Biar dikira doyan sama yang jaga, gue ambil dikit demi sedikit semua yang disedain.

Pas udah duduk, gue cuma makan nasi sama karedok nya doang. Jujur, gue emang gak suka daging sapi atau kambing gitu, terus juga udang atau ikan-ikan gitu. Gak tau kenapa gak doyan aja. Akhirnya dagingnya gue kasih ke ibu gue.

Untungnya, ada bakso gitu sama jelly, jadinya gue bisa makan itu, wkwk. :D 

Kondangan kedua, itu dateng siang lagi. Dan berharap sama kayak di kondangan yang pertama. Bedanya, ada sedikit harapan semoga disini bukan daging sapi atau kambing, tapi ayam. 

Dan lagi, kenyataan gak sesuai harapan. Disini makanannya daging sapi lagi. Dan gue pun akhirnya makan nasi sama karedoknya lagi. Tapi makanan penutup nya itu yang nyelamatin gue dari ketidak kenyangan di kondangan kedua. 

Kondangan ketiga, kondangan terakhir dibulan maret ini. Harapan masih sama kayak kondangan pertama sama kedua. Dan gue harap gak ada daging-dagingan itu lagi.

Udah semangat banget pas berangkat. Kondangan kali ini agak sore gitu berangkatnya. Soalnya percuma dateng duluan tapi gak doyan sama makanannya. Duh kampungan banget gue.

Dateng kesana, langsung salaman sama pengantinnya. Dan langsung lari ke tempat makan. Eh gak lari deh, jalan biasa. 

Lagi, lagi, dan lagi. Makanannya sama. Ya ampun, apa ini pertanda gue harus doyan daging biar gemuk. Dan gue pun harus makan nasi sama karedok lagi. 

Entah ini yang masak sama, apa emang udah pertanda gue harus doyan sama daging. Biar gak kampungan. Akhirnya sama kayak kondangan-kondangan sebelumnya, gue di selametin sama makanan penutup lagi.

Gue bingung kenapa bulan ini dapet 3 undangan resepsi, dan itu berurutan minggunya. Dimulai dari minggu kedua di bulan ini. Dan kenapa gitu makanannya harus sama. Mungkin hikmah nya dari kondangan ini, gue gak boleh kurus lagi. Dan harus doyan sama daging. Huft.

Beda Bukan Alasan

11:50:00 AM 24

Karena beda, bukan jadi alasan. Iya, soalnya sekarang gue lagi PKL.

" Lho, dimana nyambungnya? "

Bentar, bentar. Gue bisa jelasin semuanya secara perlahan.

Jadi, kayak yang udah gue bilang di postingan sebelumnya, awal semester 2 ini gue ngejalanin Prakerin. Biasanya orang nyebutnya sih, PKL. Gue Prakerin selama 3 bulan, di tempat yang udah di setujui sebelumnya.

Sekarang, gue udah hampir satu bulan lebih Prakerin. Lebih tepatnya, 1 bulan lebih 9 hari. Dan bakal abis, nanti akhir Maret. Di tempat Prakerin, gue dapet banyak pelajaran yang mungkin gak bisa gue dapet di sekolah.

Sedikit cerita nih dari awal Prakerin. Awal-awal gue masih canggung sama tempatnya, bener-bener canggung. Kenapa? soalnya gue ada di orang-orang yang seragamnya itu keren abis, kan biasanya putih abu-abu tuh.

Oiya, gue belum ngasih tau gue Prakerin dimana. Gue Prakerin di tempat militer, yang isinya tentara semua, eh tapi ada juga PNS nya. Yang jelas itu di Jakarta. Namanya itu Kodam Jaya/Jayakarta.

" Serius? jurusan lu kan RPL, kok bisa di situ? "

Iya, gue Prakerin disitu. Di kesatuan Infolahta Jaya. Jadi di Infolahta itu, tempat buat pengolahan informasi dan data gitu, ya masih ada nyambung-nyambungnya dikit lah sama jurusan gue ini.

Lanjut cerita. Awal-awal gue emang canggung gitu. Di jelasin peraturan-peraturan yang ada disitu, yang harus dilakuin apa aja, dan masih banyak deh, nanti kalo gue jelasin semua, kertas nya abis, wkwk. *lah emang pake kertas*

Di kesatuan gue itu, orangnya asik-asik. Mau ngajarin yang mereka biasa kerjain disitu, ternyata emang gak mudah ya kalo kerja itu. Bener-bener harus teliti.

Hari demi hari gue Prakerin, gue udah mulai sedikit terbiasa sama kegiatan-kegiatan disana. Dan ada 1 hari yang paling gue suka, yaitu hari selasa. Soalnya kalo hari selasa, pagi-pagi lari, abis itu ada bubur kacang ijo gitu sepanci, dan itu enak banget. Ya mungkin, enaknya karena gratis juga, wkwk.

Tapi, waktu begitu gak kerasa. Gue udah 1 bulan lebih PKL disana dimulai dari tanggal 20 Januari 2016. Tinggal sekitar 1 bulan lagi gue Prakerin, ya semoga aja makin banyak ilmu yang gue dapet disana.

Dan yang awalnya gue kira bakal gak seru itu ternyata malah seru dan dapet banyak ilmu. Karena Prakerin beda jurusan itu bukan alasan kita untuk jadi males buat Prakerin.

Terima Kasih Dan Selamat Datang

10:06:00 PM 21

Yappppppp..

Sekarang udah 2016, dan bulan pertama nya pasti Januari, yaiyalah. Sebelumnya, gue mau ngucapin Selamat Tahun Baru 2016, semoga yang ingin dicapai di tahun 2015 tapi belum kesampaian, bisa kecapai di tahun ini. Aamiin..

Sebenernya gak wajib juga sih ngucapin tahun baru gini, toh juga tahun baru nya udah hampir 1 minggu lebih yang lalu, jadi bisa dibilang ucapannya itu udah basi. Tapi gak salah juga sih ngucapin telat begini, itung-itung buat panjangin postingan, hahaha. :D

Kemarin, di akhir-akhir liburan. Gue baca hampir di semua sosmed itu ada kata-kata yang paling mainstream yang setiap akhir liburan pasti keluar. Contohnya kayak begini:

" Liburan udah pengen abis, kurang liburannya. "

" Besok masuk? lupa caranya pake seragam sekolah. "

" Besok masuk? lupa caranya nulis. "

" Besok masuk? lupa jalan ke sekolah. "

Entah kenapa gue pasti ngeliat ada salah satu dari temen gue pasti update begitu. Apakah tulisan kayak begini udah jadi hal wajib? tujuannya apa ya?. Gue bingung kenapa tulisan itu harus muncul di tiap akhir liburan. Mungkin biar dibilang lucu atau kekinian kali ya, update begitu. Tapi lebih kenapa gue bahas ini ya, padahal gue juga salah satu orang yang update begitu di akhir liburan, wkwkwk.


***


Lupain soal kata-kata tadi. Setiap ganti tahun, pasti setiap orang punya harapan-harapan baru yang pengen di capai sama dia. Contohnya gue, gue pengen tahun 2016 itu naik kelas, ke kelas 12, dan dengan nilai yang bagus, terutama pelajaran produktifnya. Dan bulan ini adalah bulan yang gue tunggu-tunggu. Kenapa? soalnya bulan ini adalah bulan dimana gue Prakerin ( Praktek Kerja Industri ).

Gue prakerin selama 3 bulan, di perusahaan yang sesuai sama jurusan gue, yaitu RPL. Gue berangkat nanti tanggal 19 Januari 2016. Semoga aja di tempat itu gue bisa dapet banyak ilmu, dan tau kalo kerja itu kayak gimana, biar nanti pas lulus ada ilmu sedikit lah gimana caranya kerja, biar gak kaku-kaku banget. :D

Intinya, gue mau ngucapin terima kasih buat tahun 2015. Karena banyak kenangan yang mungkin gak mudah buat dilupakan, asik. Dan selamat datang buat tahun 2016. Semoga makin banyak kenangan yang terjadi di tahun ini.


Perjalanan Yang Menyenangkan

1:29:00 AM 16

Akhirnya,

Setelah sekian lama, (Padahal baru beberapa minggu)

Udah lama gak buka blog lagi, soalnya kemarin-kemarin pengen ngeblog gak sempet dan gak ada ide yang nyangkut juga. Berhubung liburan udah dimulai, ya dari senin sih sebenernya udah libur. Cuma gue mau cerita aja nih. Minggu kemarin, tepatnya hari senin, gue itu kunjungan industri gitu ke Yogyakarta. Ya bisa dibilang, ini itu study tour.

Gue kunjungan industri 4 hari. Disana gue ngunjungin banyak tempat, dan yang jelas itu lumayan capek juga. Kesana naik Bis, dan di Bis itu gak semuanya temen kelas gue, dibagi-bagi gitu. Kelas gue sebagian ada di Bis 1 dan sebagiannya lagi di Bis 4. Kebetulan gue ada di Bis 4. Dan SMK gue itu kemarin ada 7 Bis.

Dari Jakarta waktu kemarin itu Senin jam 2 siang, nyampe Yogyakarta nya itu Selasa pagi. Cukup jauh. Yaiyalah. Lama mungkin karena banyak ke Rest Area juga, jadinya pas nyampe nya itu pagi. Pas pagi gue langsung ke rumah makan gitu, dan dibelakangnya itu banyak kamar mandi. Jadinya sebelum ke tujuan pertama, gue mandi disitu. Abis itu baru sarapan pagi.

Abis sarapan langsung ke tujuan pertama, yaitu ke STMIK Amikom Yogyakarta. Jadi disana itu tempat pembuatan film animasi Battle of Surabaya, yang waktu itu tayang di bioskop. Gue sama yang lainnya diajak ke studionya gitu, nah disitu dikasih banyak materi, mulai dari pengenalan kampus itu sendiri, film Battle of Surabaya nya, project mereka yang lagi dibikin, masih banyak lagi deh. Abis itu diajak keliling-keliling kampus nya.

Tujuan pertama udah, abis itu langsung makan siang, soalnya pas pulang dari STMIK Amikom Yogyakarta itu juga udah siang, mangkanya mampir dulu ke tempat makan gitu. Abis makan, langsung ke Candi Borobudur. Yang tadinya dipikir bakal bisa menuhin memori kamera buat foto, ternyata gak jadi. Pas selesai makan itu, ujan gerimis awalnya, eh lama-lama makin deres. Akhirnya jalan-jalan tanpa foto, soalnya bawa kamera digital biasa, takutnya kena air malah error jadinya gak foto banyak.

Gak lama di Candi Borobudur, gue dan yang lain langsung ke tempat penginapan. Buat ngisi tenaga juga, soalnya besok nya itu masih ada tempat yang harus di kunjungin. Tapi gue sama temen-temen yang sekamar sama gue bukannya tidur, malah main PES. Tapi tetep selamet, soalnya gak kesiangan pas pagi-pagi nya.

Udah pagi, setelah mandi dan sarapan, gue langsung ke tujuan berikutnya yaitu ke PT. Global Intermedia Nusantara, buat yang mau tau itu perusahaan apa, bisa langsung klik disini. Gak semua jurusan ke perusahaan ini, karena kunjungan hari kedua ini itu sesuai jurusan, karena jurusan gue RPL, jadinya gue ke perusahaan ini. Disini gue sama yang lain di kasih materi tentang Sistem Informasi gitu, gak cuma itu sih, masih banyak yang lain-lainnya.

Abis dari PT. Global Intermedia Nusantara, ke tempat makan dulu, dan abis itu langsung ke Candi Prambanan. Dan beruntungnya, pas ke Candi Prambanan itu gak ujan. Jadi bisa ngabisin memori kamera disini. Bukannya nya alay lho ya, wkwkwk. Disini bener-bener rame banget, mulai dari anak-anak sekolah lain yang study tour juga, turis, sampe penduduk sekitar candi yang lagi wisata. Gak terasa, waktu udah sore, mungkin karena keasikan foto sama jalan-jalan jadi gak inget waktu.

Gue sama yang lainnya langsung balik ke Bis dan balik ke hotel, soalnya abis makan malem langsung ke Malioboro buat belanja oleh-oleh. Dan sialnya lagi, di Malioboro itu gerimis, gak sampe deres sih, cuma gerimis. Udah jalan dan beli oleh-oleh di Malioboro, akhirnya balik ke hotel dan nyampe itu sekitar jam 11, dan harus rapihin barang-barang lagi karena besokannya harus pulang ke Jakarta.

Dan akhirnya gue sampe di Jakarta hari Jumat pagi, gak macet, mungkin karena pas perjalanan pulang itu juga banyak berbenti di tempat makan dan lain-lainnya. Akhirnya sampe rumah, langsung beres-beres barang yang udah gak karuan bau sama bentuknya itu.

Yang terkesan dari Yogyakarta itu sih, selain tempat-tempatnya yang bagus, menarik, bebas macet. Orang-orangnya itu ramah dan taat peraturan di jalan. Itu yang bikin gue kagum sama Yogyakarta. Jadi pengen kesana lagi, tapi gak tau kapan.